Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah yang Benar

Hampir setiap rumah saat ini tentunya sangat membutuhkan listrik. Karena listrik untuk sebuah rumah merupakan kebutuhan pokok karena listrik digunakan sebagai penerangan pada malam hari.

Karena bila pemasangannya tidak tepat maka akan berpengaruh pada arus listrik di dalam rumah yang dapat mempengaruhi tagihan listrik yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

Sebaiknya pemasangan listrik ini dilakukan oleh ahlinya, agar instalasi listrik di rumah Anda tidak sering mengalami kendala, atau anda bisa memperhatikan artikel berikut :

Hal yang Harus di Perhatikan Dalam Instalasi Listrik.

Pelajari rencana rumah

Mengetahui denah rumah disini adalah mencari tahu dimana atau dimana kemungkinan pemasangan Meteran Listrik, box sekring atau box MCB, lokasi penempatan lampu, lokasi penempatan saklar dan letak stop kontak (SC). Langkah awal ini anda akan mendapatkan gambaran jalur instalasi listrik yang akan anda buat.

Siapkan peralatan instalasi

Ada juga perlengkapan lain yang perlu Anda persiapkan, misalnya obeng, beberapa jenis tang, silet atau pisau, gunting kecil, gergaji besi, tape roller, hingga betis dan palu. Sebaiknya siapkan juga pulpen tes. Alat ini sangat berguna untuk menguji alat instalasi yang terpasang, atau saat memperbaiki instalasi listrik. Untuk keamanan pribadi, Anda juga harus menyiapkan sarung tangan.

Pilih keamanan

Masing-masing pengaman ini juga memiliki boksnya masing-masing, yaitu boks sekring atau boks MCB. Sekring dan MCB (circuit breaker) berfungsi mengamankan arus listrik jika terjadi masalah kelistrikan di rumah anda. Sekring pengaman pertama bekerja lebih cepat memutus aliran listrik saat terjadi gangguan gelombang listrik. Kerugian dari sekring adalah mengetahui cara kerjanya,

cara kerja sekring tersebut akan melebur potongan logam yang ada di dalamnya sehingga dapat memutus aliran listrik sehingga menyebabkan sekring hanya digunakan satu kali. Jika logam pada sekring telah putus, maka harus diganti dengan sekring yang baru. Sehingga ini bisa membuatnya sedikit lebih boros.

Siapkan kabel NYM dan kabel BC

Kebanyakan orang tidak menempatkan kotak pengaman dan sumber listrik berjauhan. Ini mungkin karena harga kabel nyyhy 4×2 5 jembo yang mahal. Selain kabel NYM ada juga kabel BC. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan sumber listrik ke ground rod. Sumber listrik dan batang arde juga biasanya terletak berdekatan. Kemungkinan juga karena mahalnya harga kabel.

Pahami warna kabel pada instalasi listrik

Mengetahui dan memahami cara-cara yang benar untuk menyambungkan kabel power dengan berbagai warna kabel sangat membantu dalam proses pengerjaan sebuah instalasi listrik dengan baik. Terkadang ini tampak sepele. Namun tujuannya adalah untuk memahami dan menyeragamkan pengkabelan sesuai warna sehingga untuk penginstal instalasi, cara ini menjadi patokan dasar. Jadi jika setelah anda menyambungkan kabel instalasi listrik dengan warna yang sesuai rekomendasi, maka ketika kebetulan ada orang lain yang melakukan perbaikan pada instalasi tersebut, ia juga akan dengan mudah memahami pasangan kabel tersebut.

Secara umum kabel hitam adalah kabel fasa (strum). Kabel kuning sejajar atau bergaris untuk kabel ground. Sedangkan kabel biru adalah kabel netral. Selain itu anda juga harus menempatkan kabel lain yang bertujuan untuk menyambungkan saklar ke lampu, misalnya anda menggunakan kabel ini berwarna merah. Setelah itu, Anda juga menghitung berapa panjang kabel yang perlu Anda siapkan.

Biasanya beberapa rumah hanya menggunakan kabel fase dan kabel netral. Namun penambahan kabel arde bisa membuat arus listrik lebih aman, apalagi dengan perangkat elektronik yang bisa menimbulkan arus induksi.

Siapkan pipa saluran

Pipa Conduit adalah pipa pelindung yang digunakan untuk melindungi kabel yang digunakan dalam pemasangan instalasi listrik. Pemasangan pipa bertujuan untuk melindungi jika terjadi kecelakaan, agar tidak terjadi korsleting saat pembungkus kabel lepas. Pipa ini juga melindungi kabel dari tikus, karena hewan pengerat ini biasanya suka memotong pembungkus kabel. Dengan pipa ini kabel terlindungi. Selain itu, pipa ini sangat membantu Anda dalam melihat jalur pemasangan dan melindungi diri dari kecelakaan kerja.

Kabel instalasi

Pemasangan kabel merupakan bagian terpenting dalam sebuah instalasi kelistrikan. Kami menyarankan Anda untuk memasang kabel ini oleh orang yang berpengalaman atau ahli. Dengan pemasangan yang benar, maka instalasi kelistrikan di rumah Anda akan baik. Dan itu bisa membuat Anda aman dan nyaman saat menggunakan listrik di rumah.

Leave a Reply